Social Icons

French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 23 Juli 2013

Ayo, Kuliah ke Jerman dengan Beasiswa DAAD!

DAAD (Deutscher Akademischer Austausch Dienst) atau yang dalam bahasa Indonesia berarti Dinas Pertukaran Akademis Jerman merupakan organisasi bersama antara institusi pendidikan tinggi dengan asosiasi mahasiswa Jerman. Organisasi ini merupakan organisasi terbesar di Jerman yang mengkhususkan diri pada masalah pendidikan. Terbukti dengan berbagai program yang telah dikeluarkan setiap tahunnya seperti beasiswa; pertukaran mahasiswa, akademisi dan ilmuwan; study visit; seminar dan masih banyak program yang lainnya. Saat ini, di samping kantor pusat yang berada di Bonn, DAAD juga diwakili oleh 14 kantor perwakilan di berbagai kota di seluruh dunia. Kali ini, DAAD kembali menawarkan beasiswa kepada para profesional muda yang ingin melanjutkan program pascasarjana di universitas-universitas bergengsi di Jerman pada tahun akademik 2014/2015. Ada dua program beasiswa pascasarjana yang ditawarkan, yaitu Development-Related Postgraduate Courses dan Master of Public Policy and Good Government.

Mengapa harus ke Jerman?
Seratus tahun yang lalu, setengah dari jumlah mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri memilih Jerman sebagai tempat studinya. Pada waktu itu, Jerman merupakan rujukan utama bagi para mahasiswa untuk mendapatkan kualitas pendidikan dan pelatihan yang terbaik. Sampai sekarang pun, pesona itu tak pernah luntur. Jerman masih dikenal dengan kualitas pendidikannya, bahkan lebih dari 300 institut perguruan tinggi tersebar di seluruh negeri.
Selain itu, Jerman merupakan negara pengekspor utama di dunia. Tak mengherankan bila bahasa Jerman banyak digunakan dalam perdagangan. Kuliah di Jerman membuka peluang kita untuk bersaing di pasar tenaga kerja internasional.
Rekreasi di waktu luang atau saat liburan akhir pekan? Tak perlu khawatir, di sana tersedia berbagai macam pilihan untuk mengisi waktu luang atau libur akhir pekan melalui aktivitas yang berada di dalam maupun di luar universitas. Bahkan kompleks mahasiswa sering kali terletak di bagian kota yang bersejarah, jadi sambil belajar sekaligus berwisata sejarah. Seru kan? Nah, tunggu apa lagi, yuk melanjutkan kuliah ke Jerman melalui beasiswa DAAD. Apa saja syaratnya?

Development-Related Postgraduate Courses
Program ini diperuntukkan bagi lulusan S1 atau S2 dari negara berkembang yang ingin memperoleh gelar pascasarjana atau doktoral di institut pendidikan tinggi Jerman yang meliputi universitas dan Fachhochschulen (universitas ilmu terapan). Studi akan berlangsung 12–24 bulan, tergantung dari universitas yang bersangkutan. Bidang kajian yang ditawarkan antara lain:
Ilmu ekonomi/administrasi bisnis/ekonomi politik
Development Cooperation
Teknik dan ilmu yang terkait
Matematika
Regional planning
Pertanian dan ilmu kehutanan
Ilmu lingkungan
Medicine/public health dan veterinary medicine
Ilmu sosial dan pendidikan
Media studies

Syarat:
1. Usia maksimal 36 tahun, untuk beberapa jurusan mensyaratkan usia maksimal 32 tahun.
2. Mempunyai pengalaman kerja minimal 2 tahun sesuai jurusan yang diambil baik di instansi pemerintah maupun swasta.
3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas rata-rata.*
4. Untuk jurusan yang menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa pengantar perkuliahan, pelamar hendaknya sudah lulus DSH (Deutsche Sprachprufung fur den Hochschulzugang) 2 atau TestDaF (Test Deutsch als Fremdsprache) 4.*
5. Untuk jurusan yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan, pelamar hendaknya melampirkan sertifikat IELTS (band 6) atau TOEFL dengan skor minimal 213 untuk paper based test dan 80 untuk internet based test.*
*tiap universitas yang dirujuk bisa jadi memberikan syarat yang berbeda.

Dokumen yang disiapkan:
1. DAAD Application form.
2. Curriculum Vitae yang bertanda tangan asli (sesuai format yang diberikan europass).
3. Letter of Motivation yang bertanda tangan asli disertai referensi dari kantor tempat bekerja saat ini. Letter of Motivation ini berisi uraian mengenai alasan mengajukan beasiswa DAAD.
4. Proposal penelitian, apabila diminta dari universitas rujukan.
5. Surat rekomendasi dari universitas asal dilengkapi tanda tangan dan stempel universitas.
6. Surat rekomendasi dari tempat kerja saat ini dilengkapi tanda tangan dan stempel instansi.
7. Surat keterangan riwayat pekerjaan di instansi tempat bekerja saat ini dan kemungkinan jaminan untuk kembali dipekerjakan di instansi terkait selepas lulus kuliah di Jerman.
8. Sertifikat TOEFL/IELTS (untuk bahasa Inggris) atau sertifikat DSH/TestDaF (untuk bahasa Jerman).
9. Copy ijazah S1 atau S2 yang dilegalisir (versi bahasa Indonesia dan Inggris).
10. Copy transkrip nilai akademik yng dilegalisir (versi bahasa Indonesia dan Inggris).
11. Copy ijazah SMA/High School Diploma yang dilegalisir (versi bahasa Indonesia dan Jerman).
*Beberapa jurusan bisa jadi mensyaratkan dokumen tambahan. Semua dokumen dibuat rangkap tiga.
Dokumen yang masuk tidak akan dikembalikan.

Dokumen dikirimkan paling lambat:
Tanggal 31 Juli 2013 ke DAAD Jakarta, Gedung Summitmas II lantai 14, Jalan Jend. Sudirman Kav. 61-62 Jakarta Selatan 12190. Atau tanggal 31 Agustus 2013 langsung ke DAAD Bonn dengan alamat DAAD Section 431, Kennedyallee 50 D-53175 Bonn Jerman. Bisa juga langsung ke alamat universitas yang dituju sesuai deadline yang ditetapkan masing-masing universitas. Selanjutnya bisa dilihat dalam booklet yang disediakan oleh DAAD.
Catatan: Diharapkan untuk tidak menggunakan sheet holder atau map yang terbuat dari plastik ketika mengirimkan lamaran.
Dokumen yang terlambat atau kurang lengkap tidak akan diproses lebih lanjut. Proses seleksi berlangsung di universitas masing-masing antara bulan Oktober 2013 sampai Februari 2014, bisa jadi selama kurun waktu tersebut Anda akan ditelepon oleh universitas rujukan untuk wawancara by phone.

Master of Public Policy and Good Governance
Program ini memang dirancang khusus bagi para calon pemimpin masa depan untuk lebih mendalami ilmu politik, hukum, ekonomi dan administrasi, sebagai bekal ilmu dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang bersih dan kebijakan yang berpihak pada kepentingan rakyat. Setelah menyelesaikan studinya dan pulang kembali ke tanah air, para lulusan diharapkan mampu memberikan kontribusi yang aktif dan mengaplikasikan segala ilmu serta pengalaman yang didapat bagi perkembangan bangsa ke arah yang lebih baik.
Untuk syarat pendaftaran kurang lebih sama dengan program Development-Related Postgraduate Courses, hanya saja pelamar tidak diharuskan memiliki pengalaman kerja. Pelamar yang baru lulus, tanpa pengalaman kerja pun memperoleh kesempatan untuk mendaftar.

Dokumen yang harus disiapkan:
1. DAAD application form.
2. Motivation Letter yang berisi deskripsi pengalaman akademik atau pengalaman kerja pelamar dan harapan yang ingin dicapai dengan mengikuti progam ini.
3. Curriculum Vitae lengkap.
4. Sertifikat bahasa seperti TOEFL/IELTS atau sertifikat bahasa Jerman.
5. Surat rekomendasi dari profesor universitas asal dan/atau atasan tempat bekerja.
Semua dokumen disiapkan dalam bahasa Inggris atau Jerman menggunakan kertas A4. Dokumen dibuat rangkap dua (asli dan copy) dan diharapkan tidak distepler. Dokumen kemudian dikirimkan ke DAAD Jakarta dengan alamat Gedung Summitmas II lantai 14, Jalan Jend. Sudirman Kav. 61-62 Jakarta Selatan 12190. Dokumen sudah harus sampai paling lambat tanggal 31 Juli 2013. Selanjutnya, pengumuman penerima beasiswa akan diinformasikan pada bulan Desember 2013 atau paling lambat bulan Januari 2014.
Info lebih lanjut mengenai kedua program beasiswa di atas, termasuk segala dokumen yang dibutuhkan, silakan kunjungi www.daadjkt.org.

0 komentar:

Posting Komentar