Social Icons

French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 01 Juli 2013

Delapan Langkah Percepat Belajar Bahasa Asing

Delapan Langkah Percepat Belajar Bahasa Asing

 

lusi/ stock.xchng
Mempelajari sebuah bahasa asing yang benar-benar baru tentunya menjadi sebuah tantangan tersendiri, khususnya bila pembelajaran tersebut dibatasi oleh tenggat waktu yang singkat. Siapa yang tak mau bila mampu bertutur kata dalam suatu bahasa asing dengan lancar hanya dalam waktu beberapa bulan saja? Siapa yang tak ingin bisa mengucapkan dengan lancar frase serta kalimat dalam bahasa asing tersebut di depan seorang praktisi bahasa asing asli?
Memangnya bisa? Ya, Anda bisa. Berbekal rasa disiplin serta keteguhan hati untuk menguasai sebuah bahasa hingga mahir, Anda dapat mempelajari bahasa apapun; sebab sejatinya sebuah bahasa merupakan satu ‘kebiasaan’ praktik yang rutin dilakukan. Suatu bahasa akan genap diterima oleh otak bila kita dapat mempraktikannya tanpa kesulitan yang berarti. Hal ini tentunya tak lepas dari banyaknya praktik serta latihan yang dijalankan nantinya, serta waktu yang dibutuhkan untuk menguasai suatu bahasa.

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk mempermudah serta mempersingkat waktu mempelajari sebuah bahasa. Lewat delapan langkah ini, Anda dapat menguasai sebuah bahasa hanya dalam jangka waktu empat hingga enam bulan; suatu jangka waktu yang singkat dibanding dengan hanya mengikuti kursus—yang biasanya memakan waktu satu hingga dua tahun. Selain autodidak, langkah ini dapat pula dilakukan sambil diselingi oleh kursus bahasa untuk mempertajam tata bahasa yang akan dipelajari.
Sebelum melakukannya, pastikan Anda telah memilih bahasa yang akan dipelajari dan menetapkan tenggat waktu serta target yang dituju saat akan mempelajari bahasa tersebut. Milikilah kedua hal tadi sebagai pegangan, agar pembelajaran tak serta-merta bubar di tengah jalan.

1. Tumbuhkan ketertarikan terhadap bahasa tersebut terlebih dulu
Apa yang membuat Anda tertarik ingin mempelajari bahasa tersebut? Mungkin karena ada anggota band kesayangan yang memang seorang native speaker bahasa tadi, atau ada negara tertentu yang ingin dikunjungi di akhir tahun nanti? Anda mempelajari bahasa tersebut karena tuntutan pekerjaan? Apapun motif dan tujuannya, milikilah rasa ketertarikan pada bahasa asing tersebut. Lakukan browsing kecil-kecilan untuk mencari dan melihat hal-hal unik pada bahasa asing yang akan dipelajari. Amati fonem serta rangkaian kata utuh dalam tata bahasanya. Intinya, lakukan survei kecil-kecilan yang dapat memberi sedikit gambaran tentang bahasa tersebut, sehingga menambah rasa ketertarikan. Untuk yang masih merasa ragu dengan bahasa yang akan diambil dan dipelajari, belum terlambat untuk mengubahnya.
2. Pelajari beberapa frase sederhana (dapat diambil dari internet/buku panduan)
Bagaimana cara belajar bahasa yang baik dan sistematis? Dengan mempelajari kalimat serta frase sederhana dalam bahasa tersebut. Pada minggu-minggu pertama pembelajaran, usahakan untuk merasa familiar dengan kalimat serta frase yang digunakan sehari-hari. Kalimat atau frase ini dapat Anda temukan dalam buku panduan bahasa, biasanya pada bab awal. Hafalkan beberapa kosakata sederhana, lalu usahakan untuk mengingatnya hingga terbayang jelas dalam benak saat mengucapkannya (contoh: untuk mengingat kosakata khokkiri yang berarti gajah dalam bahasa Korea, cobalah untuk mengingatnya sambil membayangkan seekor gajah dalam benak Anda). Hal ini mungkin akan sedikit memakan waktu, namun justru sebenarnya Anda telah menyingkat waktu belajar, sebab kosakata yang telah terbayang jelas takkan mudah hilang atau terlupakan.

3. Pelajari contoh-contoh kalimat dari hobi Anda (musik, blog, film, buku, artis)
Bila Anda memiliki hobi mendengarkan musik, tak ada salahnya bukan mempelajari sebuah bahasa lewat hobi tersebut? Tak usah anggap hal ini sebagai bagian dari pembelajaran bahasa. Justru kelebihan mempelajari sebuah bahasa dari hobi adalah agar Anda dapat mempelajarinya dengan santai tanpa rasa tegang. Putarlah musik atau film dengan menggunakan sound atau subtitle bahasa tersebut. Buatlah diri menjadi familiar dengan kalimat maupun pengucapannya. Kelak, saat pembelajaran sudah sampai ke tingkat yang cukup tinggi, Anda sendirilah yang akan mencari-cari arti dari kosakata serta bahasa yang tertera pada lagu/film tadi.

4. Kaitkan benda atau keadaan sekeliling Anda langsung dengan bahasa yang dipelajari
Belajar tak perlu melulu di atas meja, kok. Coba lihat perabotan di sekeliling Anda, lalu catat namanya dan artikan satu-persatu. Ucapkan nama benda tersebut langsung menggunakan bahasa asing tadi. Ulangi beberapa kali hingga lidah merasa cukup terbiasa, lalu hafalkan sambil membayangkannya. Selanjutnya saat kembali mendatangi ruangan tersebut, setidaknya ucapkan lima sampai tujuh macam benda di sekeliling Anda dalam bahasa asing. Ini akan mempermudah otak untuk mengingat dan memahaminya dibanding dengan hanya belajar dan menghafal di atas kertas saja. Bila perlu, gunakan catatan kecil atau tulisan berwarna-warni bagi pembelajar visual, atau siapkan rekaman bagi pembelajar auditori. Lakukan poin satu hingga poin empat untuk satu bulan pertama.

5. Buat esai/kalimat
Bagaimana, sudah merasa cukup banyak mengingat kosakata serta merasa familiar dengan kalimat serta frase sederhana?Sekarang giliran Anda membuat sebuah kalimat. Tak perlu susah-susah, cukup gantikan sebuah frase pendek yang telah dipelajari dengan sebuah kosakata yang berbeda. Untuk awalan, Anda boleh menyalinnya dari buku panduan maupun kamus, tapi usahakan untuk memperpanjang serta menambah kalimat tersebut sedikit demi sedikit hingga membentuk sebuah paragraf. Masih merasa terlalu mudah mengerjakannya? Sekarang, coba baca perlahan dan ucapkan kembali apa yang telah Anda tulis. Hal ini dapat mendorong kepercayaan diri dalam berbicara serta merangkai kalimat sederhana tanpa bantuan berarti dari sebuah kamus maupun buku panduan.

6. Pelajari cara pengucapan bahasa yang lebih membumi
Usai membuat kalimat serta mengucapkannya, langkah selanjutnya yang harus ditempuh adalah mencari tahu tentang penggunaan kata atau kalimat non-formal, yang biasanya dipakai dalam dunia hiburan atau keseharian seperti lagu, percakapan santai, hingga tayangan film dan drama. Kata maupun kalimat tersebut bisa saja berupa hal-hal yang remeh, seperti penggunaan ‘-san’ atau ‘-chan’ (honorific) bagi mereka yang belajar bahasa Jepang. Sisipkan penggunaan tersebut dalam kalimat yang akan Anda buat, lalu cobalah mengucapkannya dengan santai hingga terasa pas di lidah. Anda juga dapat mencari bahan tentang pengucapan ini pada media penayangan seperti situs video atau karya novel ringan yang dapat diunduh di internet.

7. Bawa kamus atau catatan kecil
Merasa seringkali penasaran dengan arti dari beberapa kosakata bahasa asing tersebut? Mengapa tidak membawa kamus saku untuk mempelajarinya secara langsung? Anda bebas menggunakan kamus tersebut untuk mencari arti harfiah maupun kosakata yang terasa agak  sulit dalam buku, novel, atau film yang sedang ditonton. Anda dapat pula mengaitkannya dengan bidang yang sedang dipelajari atau digeluti saat ini. Coba cari kosakata abstrak, tandai kata atau kalimat tertentu yang belum dapat dipahami maksudnya, untuk kemudian diartikan dan dipelajari satu-persatu. Jangan ragu untuk bertanya pada yang lebih ahli tentang kosakata/kalimat tersebut.

8. Berlatih berbicara dengan seorang pengguna bahasa/native speaker asli
Sudah siap memasuki poin terakhir dalam mempelajari sebuah bahasa asing? Saat belajar bahasa, hal utama yang juga perlu dimiliki serta dikembangkan adalah keberanian. Mempelajari sebuah bahasa berarti mendalami serta menajamkan skill bahasa tersebut secara aktif. Ikutlah mengomentari sebuah forum laman bahasa asing menggunakan bahasa tersebut. Beritahu bahwa Anda sedang berlatih belajar bahasa tadi. Lebih baik lagi bila Anda memiliki kesempatan untuk mengobrol atau berkomunikasi secara lisan dengan seorang native speaker asli.

Itulah delapan langkah yang dapat membantu Anda menguasai bahasa asing lebih cepat. Jangan ragu untuk bertanya dan meminta bimbingan pada yang lebih ahli, sebab hal ini juga merupakan kunci utama yang dapat mempercepat proses belajar bahasa asing. Selamat mencoba, semoga berhasil.
Pengirim :
Website : http://mjeducation.co

0 komentar:

Posting Komentar